Weblog Sebagai Media Informasi Online

Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi begitu pesat. Hampir disetiap kehidupan manusia masa kini tak akan lepas dari sentuhan informasi dan teknologi komunikasi. manusia saat ini banyak dimudahkan oleh dua hal tersebut, untuk komunikasi kita senantiasa dimanjakan oleh sarana komunikasi modern yang begitu canggihnya, seperti Hanphone, PDA,BB dan lain sebagainya, dalam dunia informasi kita telah dipermudah dengan adanya media informasi baik media cetak maupun media audio visual, bahkan dengan adanya kemajuan teknologi informasi komputer kita senantiasa terbantu semua pekerjaan kita. Pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah dan pekerjaan lainnya sangat terbantu oleh teknologi komputer tersebut. Bahkan saat ini yang tak kalah luar biasanya adalah telah memasyarakatnya teknologi informasi online, dengan teknologi ini dunia serasa tak terbatas oleh ruang dan waktu.

Dalam dunia internet perkembangan informasi sangat pesat sekali, arus informasi dalam hitungan detik dapat kita nikmati, audio online, video streaming, game online konten download dan lain-lain sangat mudah dan dat kita nikmati kapanpun dan dimanapun. Layanan konten jejaring sosial dan toko online dapat dengan mudah dinikmati para penggunanya.

Tak terkecuali layanan Weblog online baik yang free maupun berbayar dapat dinikmati dan di miliki oelh pengguna dunia maya. Blog merupakan singkatan dari web logadalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (https://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari. (http://bloggingly.com/definisi-blog-apa-itu-blog)
   
Weblog gratis seperti wordpress, blogger, 123.com dan lain-lain sangat diminati oleh para peminat weblog. Melaui media weblog yang disebutkan di atas baik pemilik maupun pengakses dimanjakan dengan layanan yang ada. Bagi pemilik dapat menuangkan ide dan gagasan yang dimiliki kedalam postingannya. Ide kreatif, artikel inovatif, tip dan trik, design dan layout picture, dan berbagai inspirasi dan informasi dapat diunggah kedalam media weblog online kita. Sebaliknya pagi kita masyarakat umum pengguna layanan dunia maya dapat browsing dan mengunduh informasi yang kita inginkan dari konten weblog orang lain dari seluruh penjuru dunia tanpa terikat oleh sekat ruang dan waktu. Singkatnya weblog merupakan media informasi online yang selalu menyampaikan informasi-informasi uptodate, murah, simpel dalam mengaksesnya, semua lapisan masyarakat dengan mudah dapat memperolehnya. Selamat menggunakan layanan weblog, media portal pribadi di dunia maya, jembatan informasi dari seluruh penjuru dunia.
 
( http://socialproject2010.blogspot.com )            
          




0 comments: