Penilaian,
satu kata yang tidak asing di telinga kita, kalau membaca atau mendengar
istilah itu maka pikiran kita pastinya akan tertuju kepada nilai ulangan
harian, nilai tugas, nilai mid semester, nilai akhir semester, nilai ujian
nasional, nilai raport, nilai ijasah, ujung-ujungnya kenaikan kelas atau
kelulusan. Pemikiran itu tidak semuanya salah, karena hakekatnya penilaian itu
sendiri memiliki makna atau arti proses mengumpulkan informasi/bukti melalui
pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi bukti-bukti
hasil pengukuran yang tujuannya untuk dilaporkan kepada pihak-pihak yang
berkepentingan, salah satunya orang tua atau wali murid.
Sebenarnya
apa yang membedakan penilaian pada kurikulum KTSP atau kurikulum 2006 dengan
penilaian pada kurikulum 2013, tentunya banyak hal yang membedakan antara sistem
penilaian pada kurikulum KTSP dengan kurikulum 2013, terlepas dari sisi positif
dan negatifnya maka pemerintah punya terobosan positif dalam hal pelaksanaan
penilaian di kurikulum 2013.
Yang
jelas beberapa sisi positif dari sistem penilaian di kurikulum 2013 adalah bahwa
penilaian di kurikulum 2013 merupakan penilaian autentik artinya penilaian
pembelajaran yang dilaksanakan meliputi
ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan, berbeda dengan pada KTSP
penilaiannya hanya pada satu ranah kognitif saja. Hal ini tentunya lebih menguntungkan
siswa didik karena alat ukur
ketercapaian peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar lebih
komprehensif dan objektif. Tengok saja bagaimana kita bisa mengatakan anak itu
pandai, trampil dan mempunya sikap yang baik kalau alat ukur atau penilaiannya
hanya pengetahuan atau kognitifnya, jelas itu tidak adil, kurang komprehensif
atau menyeluruh penilaiannya. Pada kurikulum KTSP mengukur anak yang pinter
tapi sikapnya kurang baik, sebaliknya anak yang sikapnya baik tapi
pengetahuannya pas-pasan maka penilaiannya sangat subjektif sekali. Maka
dikurikulum 2013, penilaian untuk hal seperti itu sangat objektif sekali karena
penilaian kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan),
semuanya diniliai dan terpisah.
Baiklah
biar pemahaman kita tentang penilaian autentik pada kurikulum 2013 lebih lengkap,
saya mencoba menguraikannya sebagai berikut.
a.
Penilaian Pengetahuan (kognitif)
Hasil penilaian pengetahuan diperoleh
dari :
1.
Nilai
ulangan harian
2.
Nilai tugas
3.
Nilai
ulangan tengah semester
4.
Nilai
ulangan akhir semester
b.
Penilaian Ketrampilan (psikomotorik)
Hasil penilaian ketrampilan diperoleh
dari :
1.
Nilai praktek
2.
Nilai portofolio
3.
Nilai proyek
c.
Penilaian Sikap (afektif)
Hasil penilaian sikap diperoleh dari :
1.
Penilaian
sikap spiritual
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianut
2.
Penilaian sikap sosial
a.
jujur
b.
disiplin
c.
tanggung
jawab
d.
toleransi
e.
gotong
royong
f.
santun
g.
percaya
diri
Yang
membedakan dengan penilaian pada KTSP,
pada kurikulum 2013 rentang penilaiannya tidak lagi 0-100 tetapi sudah
dikonversi pada rentang 0 – 4. Berikut rentang penilaian pada kurikulum 2013 :
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
Sikap
|
|
A
|
3.83 < x £ 4.00
|
3.83 < x £ 4.00
|
SB
|
A -
|
3.50 < x £ 3.83
|
3.50 < x £ 3.83
|
|
B +
|
3.17 < x £ 3.50
|
3.17 < x £ 3.50
|
B
|
B
|
2.83 < x £ 3.17
|
2.83 < x £ 3.17
|
|
B -
|
2.50 < x £ 2.83
|
2.50 < x £ 2.83
|
|
C +
|
2.17 < x £ 2.50
|
2.17 < x £ 2.50
|
C
|
C
|
1.83 < x £ 2.17
|
1.83 < x £ 2.17
|
|
C -
|
1.50 < x £ 1.83
|
1.50 < x £ 1.83
|
|
D +
|
1.17 < x £ 1.50
|
1.17 < x £ 1.50
|
K
|
D
|
1.00 < x £ 1.17
|
1.00 < x £ 1.17
|
Wah
tambah bingung ya… kok penilaiannya rumit gitu, sebenarnya sederhana sekali, saya beri contohnya begini, misal kita dapat
nilai matematika 80 saat di kurikulum KTSP maka pada kurikulum 2013, nilai matematika
kita sebenarnya tinggal dikonversi menjadi : 80/100 X 4 = 3,2 (predikatnya B+).
Jadi
nilai raport akhir semester kita nanti berupa predikat huruf-huruf seperti tabel
di atas. Kalau nilai pengetahuan untuk
matematika kita A berarti berada direntang 3,83 sampai 4,00. Kalau kita pingin
mengkonversi ke rentang 0-100, caranya kebalikan dari penjelasan di atas, untuk
yang nilai 3,83 = (3,83/4,00) X 100 = 95,75 dan untuk nilai 4,00 =(4,00/4,00)X 100 = 100. Maka kalau nilai-nilai mata
pelajaran kita baik pengetahuan atau ketrampilan mendapat A serta sikap SB
maka sebenarnya nilai-nilai yang kita peroleh berada di kisaran 95,75 sampai
100, luar biasa…..
Bagaimana?,
sederhana bukan, itulah istimewanya penilaian di kurikulum 2013. Bahwa semua
aktifitas kita sehari-hari disekolah merupakan objek dari penilaian.
0 comments:
Post a Comment