GENERASI MUDA DI ERA PERKEMBANGAN DUNIA INFORMASI MODERN


Ketagihan Facebook ( Sumber : http://ikamaullydiana.wordpress.com/2013/12/11/etika-profesi-akuntansi-5/ )


Tidak bisa dipungkiri generasi muda adalah tulang punggung bangsa dan negara, maju mundurnya negara tak terlepas dari generasi mudanya. generasi muda yang peduli dengan kondisi bangsanya akan turut andil dalam menjaga eksistensi bangsa dan negaranya. Sebaliknya generasi muda yang lupa akan jati diri bangsa dan negaranya justru menjadi sumber bencana bagi negara.

Tak terkecuali dalam perkembangan teknologi informasi abad ini yang cenderung pesat dan melewati batas sekat ruang waktu. Kita ketahui bersama dunia telah di hebohkan dengan berbagai penemuan dunia informasi yang super canggih yang telah meninabobokkan manusia, yang apabila tidak kita sadari dan tidak kita filterisasi telah mempengarui gaya hidup dan budaya bangsa kita, bangsa Indonesia yang dikenal oleh bangsa-bangsa didunia yang masih memegang budaya ketimuran, masih memegang teguh etika dan moral, yang memiliki warisan budaya nenek moyang yang sangat dibanggakan. Budaya gotong royong, budaya sopan santun, budaya saling menghargai dan menghormati.
Jaga generasi kita dari dampak teknologi informasi ( Sumber : http://tamtamys.wordpress.com/2012/10/30/new-media-kalangan-masa-kini/ )
Akankah budaya adi luhung ini nantinya akan tergerus oleh arus teknologi informasi yang merasuki segala sendi kehidupan kita, tontonan televisi yang tidak lagi mendidik, bacaan media masa yang sudah tidak lagi mencerminkan kepedulian pada nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi dunia internet telah menjadi menu keseharian pelajar Indonesia disetiap kesempatan, jejaring sosial, video streaming, bacaan online, dan lain sebagainya yang kesemuanya tidak terlepas dari sisi positip dan negatifnya.
Akankan generasi muda kita akan duduk termenung menyaksikan semuanya, akankan kita hanya jadi penonton yang hanya bisa  bersorak tatkala melihat bangsa kita terjajah oleh arus perkembangan teknologi informasi, tanpa ikut andil memberikan kontribusi dan mencegah dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi tersebut.
Relawan TIK bagaiman berinternet yang baik (www.relawan tik.co.id)
Sebagai generasi muda yang kelak diharapkan menjadi generasi penerus bangsa sudah sepantasnya kita tergerak untuk ikut berperan aktif dalam membentengi diri terhadap diri kita, rekan-rekan kita, teman sejawat dan lingkungan kita terhadap arus negatif dari perkembangan teknologi informasi. Kegiatan-kegiatan positif dapat kita gerakkan, kita bisa membentuk organisasi atau forum silahturahmi seperti relawan TIK untuk penggunaan teknologi informasi yang bermanfaat, group via jejaring sosial yang mewadahi generasi muda untuk memberikan sosialisasi tentang dampat negatif penggunaan informasi yang salah.
Sosialisasi Internet sehat (Sumber :http://totabuanews.com/2013/01/relawan-tik-asmos-gelar-sosialisasi-internet-sehat-dan-media-online/

Kita bisa turut mewadahi kegiatan semacam seminar atau kajian tentang pemanfaatan internet sehat bagi kalangan pelajar. Sebagai generasi muda kita bisa berinovasi dan kreatif dengan menciptakan filter untuk memproteksi situs situs dewasa, memproteksi laman-laman kita dari rongrongan hacker yang tidak bertanggung jawab, selain itu kita bisa mensosialisasikan dengan mengajak masyarakat kita untuk menggunakan sofware original bukan bajakan, dan lain sebagainya, singkatnya banyak kegiatan positif yang kita bisa terlibat di dalamnya yang semua itu bisa kita wujudkan sebagai implementasi dan peranan kita sebagai generasi muda di tengah perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. Marilah bahu membahu menggerakkan generasi muda kita untuk terus berperan aktif dalam membentengi diri terhadap pengaruh-pengaruh negatif dari teknologi informasi yang begitu pesat.