| Pembelajaran berbasis TIK, gambar sumber:ferifailasufa.blogspot.com | 
Ya 
judul itu saya tulis berdasarkan pengalaman nyata yang aku alami dalam 
tugasku sebagai guru untuk menyampaikan ilmu yang aku miliki kepada 
murid-muridku. Disamping itu tulisan ini juga sebagai ungkapan gagasan 
atau inspirasi yang ingin aku wujudkan dalam menunjang profesi mulia 
saya sebagai guru matematika untuk mencerdaskan anak bangsa. 
Kelihatannya aneh dan asing di telinga kita bersama, bagaimana mungkin 
kita bisa menyampaikan materi  kepada siswa kita tanpa kita bertatap 
muka atau bertemu langsung dengan murid-murid di kelas. Pembaca semua 
barangkali bergumam dalam hati, ah..ide gila...tidak mungkin 
itu....tidak bisa.......
Tunggu dulu....tidak ada di dunia ini 
yang tidak mungkin, ini sesuatu yang nyata dan bukan ajaib bin ghoib. 
Ya, aku punya pengalaman menarik yang bisa aku sharekan dengan pembaca 
blog setiaku dan kepada guru-guru indonesia sesama profesiku. Oke akan 
saya ceritakan sedikit kenapa hal ini saya tulis , ditengah kesibukanku 
sebagai guru, saat ini saya juga mendapat tugas tambahan dari dinas 
pendidikan kabupaten tempat tugasku sebagai salah satu tim pengembang 
kurikulum kabupaten yang kegiatanku banyak sekali dan padat sekali dalam
 seminggu kadang dua atau tiga kali aku keliling kesekolah sekolah 
anggota kluster (kelompok-kelompok sekolah sasaran pendampingan 
kurikulum 2013), untuk mendampingi guru-guru dalam mengimplementasikan 
kurikulum baru. 
 
Sudah pasti aktifitas itu membuatku 
memutar otak bagaimana caranya semua tugasku di luar kelas itu tidak 
mengurangi tugas utamaku sebagai guru yang harus taat jadwal pelajaran 
dan harus menyampaikan materi kepada murid-muridku agar mereka semua 
tidak dirugikan oleh karena kesibukakanku. Karenanya bukan
 aku kalau tidak punya cara dan kiat bagaimana mensiasati semua tugasku,
 karena kalau boleh dibilang semua adalah tugas penting demi mengabdikan
 diri bagi nusa dan bangsa. Aku punya sedikit kemampuan dalam bidang 
ICT, kenapa tidak aku manfaatkan teknologi komunikasi dan informsi yang 
aku kuasai untuk membantu kelancaran tugas-tugasku, Pastinya semua 
sumber daya yang aku miliki aku manfaatkan untuk menunjang kelancaran 
tugasku, kalau boleh aku uraikan satu persatu untuk menanggulangi dan 
mencari solusi menghadapi permasalahan itu antara lain, aku manfaatkan :
| logo blogger dari : http://edtechvoice.com | 
 Blog
 ini saya manfaatkan untuk berbagi file materi kepada siswa-siswa saya, 
berbagi tugas dan share informasi, saya upload semua materi dan 
tugas-tugas saya di alamat blog ini, saya sosialisasikan alamat blog ini
 kepada siswa didik saya, sehingga kapan saja di mana saja siswa didik 
saya akan dapat mengupdate materi-materi saya tanpa harus menunggu jam 
tatap muka, tugas-tugas juga
 share disitu, siswa dapat mengirimkannya secara online, dan 
mengirimkannya ke alamat email yang sudah ada. Kedepannya aku punya 
harapan dan obsesi blogku merupakan perpustakaan bagi siswa didikku, 
sehingga ada atau tidak ada saat jam pelajaran aku di dalam kelas, 
blogku merupakan salah satu referensi yang bisa dimanfaatkan siswa 
didikku kapan, atau dimana saja tak terhalang oleh sekat ruang dan 
waktu.
| Logo Facebook dari :www. ouhillel.org | 
 Media
 jejaring sosial ini merupakan media jejaring sosial yang paling 
familier  untuk siswa didik saya, mereka sudah tidak asing lagi dengan 
account seno atau osin, hampir tiap hari siswa didik saya memanfaatkan 
media jejaring sosial ini untuk interaktif dengan saya, mereka 
menanyakan materi, tugas, kesulitan memahami materi pelajaran, bahkan 
tidak jarang media ini dimanfaatkan siswa didik saya untuk curhat, 
menyampaian keluh kesah masalah pribadi. Singkatnya jejaring sosial ini 
telah dijadikan sarana untuk komunikasi tak terbatas oleh mereka dengan 
guru setianya seno osin. Bahkan saat ini saya sedang meluncurkan 
pembentukan group snesti mathematic club (SMC) yang mana goups dalam 
facebook ini harapannya menjadi ajang share semua informasi, khususnya 
dalam bidang mathematic, sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap 
pelajaran mathematic, yang pada akhirnya saya berharap mathematic 
bukanlah momok bagi siswa. Matematika lebih dicintai dan disukai oleh 
anak didik saya.
Twitter @snofcc70
 Meski
 tidak sefamilier facebook milikku namun account media jejaring sosial ini juga saya 
luncurka, jejaring sosial ini saya sosialisasikan kepada anak didik saya
 untuk di follow, kicauan saya dan anak didik saya harapannya dapat 
menumbuhkan mereka dalam kecintaannya pada pelajaran saya.
| sumber gambar :www.publiseek.com | 
Skype Seno_osin.
| gambar sumber : blogs.skype.com | 
 Media
 teleconference ini merupakan impianku yang saat ini sedang aku rintis, 
aku sedang merintis membuat account di skype ini. siswa-siswaku saya dorong untuk membuat account juga, sehingga dengan fasilitas ini aku 
berobsesi bahwa saya ingin media ini sebagai ajang pembelajaran 
online, sehingga saya selalu dapat memantau dan mengkontrol siswa didik 
saya, dapat berdiskusi dengan mereka, diantara mereka sendiripun juga dapat saling berdiskusi online. saya dapat menyampaiakan materi kepada 
mereka, meskipun jarak dan keberadaan saya yang tidak bisa berada 
ditengah mereka,  namun saya dapat berinteraksi dengan mereka.
Elearning quipper school link.
Elearning quipper school link.
Media presentasi power point.
| Gambar dokumen pribadi | 
 Media
 ini sudah menjadi bagian yang menyatu bagi saya dalam menunjang 
kelancaran proses pembelajaran dengan siswa didik saya, ada atau tidak 
ada gurunya siswa didik saya sudah terbiasa dengan materi-materi yang 
sudah mereka dapatkan dari menyalin file atau mengunduh sendiri file 
file materi saya dari internet untuk dipelajari sendiri tanpa harus 
susah-susah menunggu saya untuk menjelaskan materi itu. Dan siswa saya 
sudah terbiasa dengan itu, kalau ada kesulitan barulah mereka 
berinteraksi dengan saya baik secara langsung ataupun tidak langsung 
menggunakan berbagai media interaksi di atas.
Bagaimana
 pembaca blog setiaku, tertarik untuk mencoba pengalaman dan gagasanku 
ini, mari sama-sama belajar untuk merubah paradigma bahwa belajar 
haruslah terjadwal dan bertatap muka langsung. perlu kita sadari bahwa 
dunia berkembang semakin pesat itu semua menuntut kreatifitas dan 
inovasi kita untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan 
komunikasi  untuk hal-hal positif demi menunjang kelancaran tugas-tugas 
kita.

