Pembelajaran berbasis TIK, gambar sumber:ferifailasufa.blogspot.com |
Ya
judul itu saya tulis berdasarkan pengalaman nyata yang aku alami dalam
tugasku sebagai guru untuk menyampaikan ilmu yang aku miliki kepada
murid-muridku. Disamping itu tulisan ini juga sebagai ungkapan gagasan
atau inspirasi yang ingin aku wujudkan dalam menunjang profesi mulia
saya sebagai guru matematika untuk mencerdaskan anak bangsa.
Kelihatannya aneh dan asing di telinga kita bersama, bagaimana mungkin
kita bisa menyampaikan materi kepada siswa kita tanpa kita bertatap
muka atau bertemu langsung dengan murid-murid di kelas. Pembaca semua
barangkali bergumam dalam hati, ah..ide gila...tidak mungkin
itu....tidak bisa.......
Tunggu dulu....tidak ada di dunia ini
yang tidak mungkin, ini sesuatu yang nyata dan bukan ajaib bin ghoib.
Ya, aku punya pengalaman menarik yang bisa aku sharekan dengan pembaca
blog setiaku dan kepada guru-guru indonesia sesama profesiku. Oke akan
saya ceritakan sedikit kenapa hal ini saya tulis , ditengah kesibukanku
sebagai guru, saat ini saya juga mendapat tugas tambahan dari dinas
pendidikan kabupaten tempat tugasku sebagai salah satu tim pengembang
kurikulum kabupaten yang kegiatanku banyak sekali dan padat sekali dalam
seminggu kadang dua atau tiga kali aku keliling kesekolah sekolah
anggota kluster (kelompok-kelompok sekolah sasaran pendampingan
kurikulum 2013), untuk mendampingi guru-guru dalam mengimplementasikan
kurikulum baru.
Sudah pasti aktifitas itu membuatku
memutar otak bagaimana caranya semua tugasku di luar kelas itu tidak
mengurangi tugas utamaku sebagai guru yang harus taat jadwal pelajaran
dan harus menyampaikan materi kepada murid-muridku agar mereka semua
tidak dirugikan oleh karena kesibukakanku. Karenanya bukan
aku kalau tidak punya cara dan kiat bagaimana mensiasati semua tugasku,
karena kalau boleh dibilang semua adalah tugas penting demi mengabdikan
diri bagi nusa dan bangsa. Aku punya sedikit kemampuan dalam bidang
ICT, kenapa tidak aku manfaatkan teknologi komunikasi dan informsi yang
aku kuasai untuk membantu kelancaran tugas-tugasku, Pastinya semua
sumber daya yang aku miliki aku manfaatkan untuk menunjang kelancaran
tugasku, kalau boleh aku uraikan satu persatu untuk menanggulangi dan
mencari solusi menghadapi permasalahan itu antara lain, aku manfaatkan :
logo blogger dari : http://edtechvoice.com |
Blog
ini saya manfaatkan untuk berbagi file materi kepada siswa-siswa saya,
berbagi tugas dan share informasi, saya upload semua materi dan
tugas-tugas saya di alamat blog ini, saya sosialisasikan alamat blog ini
kepada siswa didik saya, sehingga kapan saja di mana saja siswa didik
saya akan dapat mengupdate materi-materi saya tanpa harus menunggu jam
tatap muka, tugas-tugas juga
share disitu, siswa dapat mengirimkannya secara online, dan
mengirimkannya ke alamat email yang sudah ada. Kedepannya aku punya
harapan dan obsesi blogku merupakan perpustakaan bagi siswa didikku,
sehingga ada atau tidak ada saat jam pelajaran aku di dalam kelas,
blogku merupakan salah satu referensi yang bisa dimanfaatkan siswa
didikku kapan, atau dimana saja tak terhalang oleh sekat ruang dan
waktu.
Logo Facebook dari :www. ouhillel.org |
Media
jejaring sosial ini merupakan media jejaring sosial yang paling
familier untuk siswa didik saya, mereka sudah tidak asing lagi dengan
account seno atau osin, hampir tiap hari siswa didik saya memanfaatkan
media jejaring sosial ini untuk interaktif dengan saya, mereka
menanyakan materi, tugas, kesulitan memahami materi pelajaran, bahkan
tidak jarang media ini dimanfaatkan siswa didik saya untuk curhat,
menyampaian keluh kesah masalah pribadi. Singkatnya jejaring sosial ini
telah dijadikan sarana untuk komunikasi tak terbatas oleh mereka dengan
guru setianya seno osin. Bahkan saat ini saya sedang meluncurkan
pembentukan group snesti mathematic club (SMC) yang mana goups dalam
facebook ini harapannya menjadi ajang share semua informasi, khususnya
dalam bidang mathematic, sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap
pelajaran mathematic, yang pada akhirnya saya berharap mathematic
bukanlah momok bagi siswa. Matematika lebih dicintai dan disukai oleh
anak didik saya.
Twitter @snofcc70
Meski
tidak sefamilier facebook milikku namun account media jejaring sosial ini juga saya
luncurka, jejaring sosial ini saya sosialisasikan kepada anak didik saya
untuk di follow, kicauan saya dan anak didik saya harapannya dapat
menumbuhkan mereka dalam kecintaannya pada pelajaran saya.
sumber gambar :www.publiseek.com |
Skype Seno_osin.
gambar sumber : blogs.skype.com |
Media
teleconference ini merupakan impianku yang saat ini sedang aku rintis,
aku sedang merintis membuat account di skype ini. siswa-siswaku saya dorong untuk membuat account juga, sehingga dengan fasilitas ini aku
berobsesi bahwa saya ingin media ini sebagai ajang pembelajaran
online, sehingga saya selalu dapat memantau dan mengkontrol siswa didik
saya, dapat berdiskusi dengan mereka, diantara mereka sendiripun juga dapat saling berdiskusi online. saya dapat menyampaiakan materi kepada
mereka, meskipun jarak dan keberadaan saya yang tidak bisa berada
ditengah mereka, namun saya dapat berinteraksi dengan mereka.
Elearning quipper school link.
Elearning quipper school link.
Elearning ini sedang aku rintis, saya mulai dengan membuat account
dan membuat kelas untuk interaksi dengan anak didik saya, saya mencari
referensi untuk mengelola elearning ini. harapannya kedepan elerning ini
juga mewakili interaksi dengan anak didik saya.
gambar diambil dari: https://link.quipperschool.com/id/dashboard
Media presentasi power point.
Gambar dokumen pribadi |
Media
ini sudah menjadi bagian yang menyatu bagi saya dalam menunjang
kelancaran proses pembelajaran dengan siswa didik saya, ada atau tidak
ada gurunya siswa didik saya sudah terbiasa dengan materi-materi yang
sudah mereka dapatkan dari menyalin file atau mengunduh sendiri file
file materi saya dari internet untuk dipelajari sendiri tanpa harus
susah-susah menunggu saya untuk menjelaskan materi itu. Dan siswa saya
sudah terbiasa dengan itu, kalau ada kesulitan barulah mereka
berinteraksi dengan saya baik secara langsung ataupun tidak langsung
menggunakan berbagai media interaksi di atas.
Bagaimana
pembaca blog setiaku, tertarik untuk mencoba pengalaman dan gagasanku
ini, mari sama-sama belajar untuk merubah paradigma bahwa belajar
haruslah terjadwal dan bertatap muka langsung. perlu kita sadari bahwa
dunia berkembang semakin pesat itu semua menuntut kreatifitas dan
inovasi kita untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi untuk hal-hal positif demi menunjang kelancaran tugas-tugas
kita.